Jumat, 06 Juli 2012

Beberapa Hal yang Membuat Anggaran Pesta Pernikahan Membengkak


Pesta pernikahan adalah momen sekali seumur hidup dan kebanyakan pasangan ingin membuat pesta yang mewah dan sulit dilupakan. Namun keinginan yang tinggi tersebut kadang tidak sesuai dengan anggaran pernikahan yang sudah disiapkan. Berikut ini beberapa hal yang mungkin dapat anda perhatikan karena dapat membuat anggaran pesta pernikahan Anda membengkak.

1. Kurang fokus pada jumlah anggaran.
Ketika merencanakan pesta pernikahan, Anda dan pasangan pasti akan asyik membuat rencana untuk pesta pernikahan yang sesuai keinginan, namun terkadang melupakan anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, walaupun Anda ingin tetap membuat pesta pernikahan yang sesuai dengan harapan Anda, tetapi cobalah untuk tetap fokus sesuai dengan anggaran awal yang sudah direncanakan. Kalaupun menemukan hal-hal yang membutuhkan anggaran lebih, cobalah cari alternatif-alternatif lainnya agar tetap dapat sesuai dengan anggaran awal.

2. Mengikuti semua keinginan orang lain.
Sebuah pesta pernikahan tidak selalu murni dari perencanaan kedua mempelai. Sudah menjadi hal yang wajar akan ada banyak masukan-masukan yang justru membuat aggaran membengkak. Seperti menambah hiasan pada dekorasi, menambah jumlah tamu undangan, menambah souvenir pernikahan dan lain sebagainya. Cek kembali rencana Anda, apakah itu adalah keputusan yang benar-benar harus anda ambil atau sekedar keinginan dari orang lain.

3. Kurang Mencari Informasi
Ketika merencanakan sebuah pesta, alangkah baiknya jika Anda membandingkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Banyak pasangan yang hanya mendengar rekomendasi dari orang terdekat dan langsung menyetujui tanpa mencari alternatif lain. Lakukan survei ke beberapa tempat untuk melakukan perbandingan harga dan kualitas, dengan begitu akan sangat membantu Anda dalam menekan anggaran pernikahan.

4. Menangani semua Hal Sendiri
Mungkin Anda merasa bisa menangani semua hal sendiri tanpa bantuan orang lain misalnya, itu akan memotong pengeluaran Anda. Namun, lebih berisiko karena terbatasnya informasi yang Anda ketahui. Apalagi dengan terbatasnya waktu untuk menyiapkan rencana pernikahan Anda dapat membuat Anda melewatkan hal-hal yang seharusnya Anda selesaikan. Hal ini dapat membuat anggaran pesta pernikahan anda membengkak. Untuk itu, mintalah bantuan kepada keluarga kedua belah pihak, teman atau saudara untuk membantu Anda mengatur pesta pernikahan.

5. Kurang Tegas Dalam Menetapkan Jumlah Tamu Undangan.
ketika merencanakan sebuah pesta pernikahan, tetaplah berpegang kepada daftar tamu yang telah Anda buat sebelumnya. Misalnya Anda ingin mengundang 700 tamu, jangan menambah-nambah daftar dengan mengundang semua orang yang pernah Anda kenal atau permintaan dari orang lain sehingga jumlahnya jadi ribuan. Tegaslah dalam menetapkan jumlah tamu undangan.

Selain hal-hal diatas, masih banyak lagi masalah-masalah yang dapat membuat anggaran Anda membengkak.   Perencanaan yang matang dapat mengurangi resiko tersebut. Semoga pesta pernikahan Anda dapat berjalan lancar dan sukses. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar