Jumat, 13 Juli 2012

Menghemat Biaya Pernikahan (bagian 1)




Tidak bisa kita ingkari bahwa sebuah pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. namun Ada begitu banyak hal yang dapat Anda batasi dalam anggaran Anda. Pastikan Anda memberikan sedikit waktu luang untuk berkeliling dan mendapatkan berbagai penawaran yang dapat menghemat anggaran Anda. Harga dapat bervariasi dan sering ada tambahan yang dapat dihapus dari tagihan.Tentukan anggaran sebagai pasangan, hari-hari setelah pesta pernikahan usai adalah untuk Anda berdua, sehingga buatlah rencana anggaran terbaik untuk pesta pernikahan Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk menghemat anggraan pernikahan Anda:

1. Carilah relasi.
Menggunakan relasi untuk menyelesaikan hal-hal terkait pernikahan adalah jurus terjitu untuk menghemat anggran. jika Anda memiliki teman atau saudara yang bekerja atau mempunyai usaha di bidang catering, undangan, souvenir pernikahan, dekorasi misalnya, tentunya Anda akan diberikan potongan harga untuk hal-hal tersebut. Kalaupun tidak diberikan diskon, Anda bisa melakukan penawaran.

2. Menikah di tanggal sepi atau di rumah.
Untuk mengadakan pesata pernikahan Anda tentunya memerlukan tempat pelaksanaan. Untuk menghemat anggaran Anda dapat mengadakan pesata pernikahan di rumah Anda. Dengan cukup menyewa tenda Anda dapat menghemat anggaran daripada harus menyewa gedung pernikahan. Kalaupun Anda harus menyewa gedung, misalnya karena jumlah tamu undangan Anda yang cukup banyak, Anda dapat melakukan pesta pernikahan di hari atau tanggal dimana tidak menjadi waktu favorit orang untuk mengadakan pernikahan. karena pada waktu-waktu luang tersebut biaya sewa gedung pernikahan akan menjadi lebih murah.

3. Batasi jumlah tamu undangan.
Walaupun Anda ingin mengundang seluruh orang yang mungkin Anda kenal, tapi untuk menghemat biaya pernikahan, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali daftar tamu undangan Anda. Undanglah orang-orang yang sekiranya penting bagi Anda. Banyak pasangan pengantin yang mengundang tamu bahkan mereka tidak mengenalnya. Mereka mengundang tamu undangan tersebut berdasarkan saran teman atau saudara karena mereka adalah temannya teman atau temannya saudara.

4. Bisa menggunakan gaun warisan atau menyewa.
Untuk baju pernikahan  Anda dapat menggunakan baju warisan orang tua. Banyak orang tua yang menyimpan baju pernikahannya untuk di wariskan kepada anaknya agar dipakai pada pesta pernikahannya nanti. Kalau anda tidak mendapatkan gaun warisan, Anda masih dapat menghemat biaya dengan menyewa gaun pengantin tersebut pada penyewaan baju pengantin tanpa Anda harus membelinya. Dengan menyewa Anda dapat menghemat anggaran yang cukup banyak.

Semoga pesta pernikahan Anda dapat berjalan lancar dan sukses. :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar